Monday 11 June 2012

Lagu Hit Terbaru Big Bang Menimbulkan Pertanyaan, “Apakah Promosi di TV Benar-Benar Perlu?”


Grup Big Bang telah mendominasi pasar online, album, dan video musik tanpa promosi TV apapun, menambahkan momentum ke sebuah pertanyaan yang muncul ke permukaan di pertengahan pertama tahun ini, apakah promosi TV diperlukan untuk sebuah kesuksesan.

Kembali ke bulan April, Busker Busker merilis sebuah mega hit tanpa penampilan apapun di jaringan program musik dan IU juga sukses di tangga lagu musik online charts di bulan Mei dengan ‘End of the Day’ dari CD single untuk fansnya ‘Spring of a Twenty Year Old’, maka dari itu sebagai hasilnya, hubungan antara promosi TV promotions dan lagu-lagu hit mulai bergeser. Sekarang Big Bang telah menarik banyak perhatian tidak hanya di Korea tapi juga seluruh dunia tanpa penampilan apapun di TV, menambahkan momentum untuk teori bahwa sebenarnya, promosi di TV bukanlah suatu keharusan seperti yang terjadi di masa lalu.

Lagu terbaru Big Bang, ‘Monster’ masih merajai tangga lagu online utama seperti Melon per 9 Juni. Sudah satu minggu sejak lagu tersebut dirilis pada 3 Juni tapi tetap menunjukkan kekuatannya yang besar.

Album dan video musiknya juga bagus. Menurut chart Hanteo, Big Bang merilis ‘STILL ALIVE’ pada tanggal 5 Juni dan terjual 15,000 copy hanya dalam waktu 1 hari. Video musik yang dirilis 3 hari sebelum itu memecahkan rekor dengan lebih dari 2.5 juta hits dalam 24 jam. Tanpa penampilan TV apapun, Big Bang benar-benar memegang kesuksesan besar di tangan mereka. Bahkan tanpa sebuah panggung comeback, komentar tetap mengalir dari seluruh dunia dalam bahasa Inggris.

Jika popularitas dari lagunya berlanjut tanpa panggung comeback atau penampilan variasi apapun lainnya, harapan bahwa bentuk dan cara (artis) berpromosi munkin sedikit berubah di masa depan.

Banyak yang menjelaskan bahwa ini mungkin terjadi ketika kau berada di level setingkat Big Bang. Seorang CEO dari perusahaan manajemen berskala menengah berkomentar, “Ketika kau berda di level setingkat, publik yang mencari mereka jadi promosi TV tidak tampil bukanlah suatu keharusan. Aku pikir ini adalah sebuah keadaan yang ingin diraih oleh semua artis. Tapi untuk kebanyakan artis, tidak banyak metode promosi selain meningkatkan pembukaan (jalan) untuk melangkah lebih dekat kepada fans dulu.” 

Source: Osen, Kpopfever.com 
Indo trans: lollichocho @ Koreanindo

No comments:

Post a Comment